13 Jan 2011

Younghusband Diminta Tak Main di Indonesia

Duo tim nasional Filipina, Phil dan James Younghusband terancam batal bermain di Indonesia. Sekjen PSSI, Nugraha Besoes menyarankan Federasi Sepakbola Filipina (PFF) untuk tidak mengizinkan keduanya bermain di Liga Primer Indonesia.

Younghusband bersaudara dikabarkan sedang didekati salah satu klub LPI, Jakarta 1928. Penampilan impresif Phil dan James di Piala AFF 2010 bersama timnas Filipina membuat keduanya diminati.

Namun, ambisi Younghusband bersaudara untuk bermain di Indonesia harus dipendam untuk sementara. Pasalnya, Sekjen PSSI, Nugraha Besoes menyarankan PFF untuk tidak mengizinkan Phil dan James bermain di LPI.

"Saya sudah menghubungi (Presiden PFF), Mariano Araneta dan bilang tolong agar tidak membiarkan Younghusband bersaudara bermain di liga ini (LPI). Karena hal itu bisa membahayakan kedua Federasi," ujar Nugraha dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis 13 Januari 2011.

"Kalau kami mengeluarkan Sertifikat Transfer Internasional (ITC) pemain, maka kami akan kena hukuman FIFA, dan Federasi Filipina juga kena. Karena yang mengeluarkan ITC adalah federasi masing-masing negara tempat pemain bermain," lanjut Nugraha.

Sebelumnya, Nugraha dalam jumpa pers yang sama juga menegaskan bahwa PSSI akan menindak tegas pemain yang tampil di LPI, termasuk pemain asing. PSSI akan memberitahu federasi setempat bahwa sang pemain telah bermain di liga yang tidak di bawah payung FIFA, dan federasi setempat akan memberikan sanksi selanjutnya.

Fokus di Timnas
Younghusband bersaudara mengaku kini sedang fokus ke AFC Challenge Cup 2011. Filipina akan mengawali laga dengan menjamu Mongolia pada 9 Februari 2011.

“Ya, memang ada minat dari klub itu (di Indonesia),” kata James (24 tahun) di blog sepakbola Filipina.

Sepintas, mereka tak terlalu mempedulikan itu semua. Karena fokus mereka kini kepada tim nasional The Azkals.

“Kami punya komitmen lain. Kami juga punya akademi dan harus tampil di tim nasional,” tambah James yang punya The Younghusbands Football Academy (TYFC) di negerinya.

Phil (23 tahun) juga menegaskan komitmennya kepada tim nasional. Terutama setelah penampilan impresif di Piala AFF 2010.

“Saya belum bisa bisa bilang akan pergi ke suatu tempat, saat ini. Saya harus mempelajarinya secara detail. yang jelas, kami masih bermain untuk tim nasional," tutur Phil.

0 komentar:

Posting Komentar